Wednesday 2 December 2015

Tips Agar Anak Senang Membaca


Membaca adalah kegiatan yang penting bagi kita. Dengan membaca seseorang akan mendapatkan informasi lebih banyak dibandingkan dengan hanya mendengarkan. Hal ini disadari oleh banyak orang tua hingga mereka melakukan apapun agar sang anak senang membaca sejak dini. 

Tapi tahukah anda ketika anak dipaksa dan diajari belajar membaca sejak dini anak akan mengalami kejenuhan dan akhirnya membuat anak hilang minat membaca? Lantas apa yang harus dilakukan orang tua ? apakah membiarkan anak begitu saja hingga mereka sendiri yang meminta untuk diajari membaca? 

Untuk menjawab pertanyaan diatas yuk kita simak tips-tips berikut agar anak senang membaca tanpa paksaan

1. Memberikan pengalaman membaca kepada anak sejak dini

Anak yang baru lahir sangat senang berinteraksi. Mulailah interaksi dengan perbincangan sederhana antara orang tua dan anak sehari hari. Interaksi juga bisa dilakukan dengan membacakan cerita ssehingga diharapkan anak kenal dengan buku. Dan jadikan kegiatan sebelum tidur adalah kegiatan yang paling menyenangkan untuk membaca buku.

2. Bacakan buku cerita dengan cara yang menyenangkan

Ketika kita membacakan cerita dengan suara yang sama, anak akan cepat bosan. Sehingga kita harus bacakan cerita pada anak dengan intonasi yang berbeda atau menggunakan gerakan sesuai alur dan suasana dalam cerita, agar anak dapat menikmati cerita yang dibacakan

3. Memberikan buku bergambar sebagai alat bermain yang menyenangkan

Orang tua bisa membelikan anak buku yang tebal agar tidak mudah dirobek atau buku yang terbuat dari kain. Perlihatkan gambar-gambar yang menarik dan ceritakan kepada anak. Jangan marah atau takut bila buku itu dirusak. Hal ini adalah bentuk interaksi awal seorang anak mengenal buku

4. Berikan teladan

Biasakan keluarga untuk senang membaca, bisa juga dengan menyediakan waktu khusus untuk membaca. Mengapa harus ada teladan? Karena pada dasarnya anak itu adalah peniru yang ulung. Dia senang menirukan apa saja yang dilakukan oleh orang terdekatnya.

5. Jadikan toko buku dan perpustakan sebagai tempat rekreasi paling menyenangkan

Bila kita senang berbelanja buku ditoko buku atau meminjam buku di perpustakaan, anak juga akan senang menirukan apa yang kita lakukan. Mereka akan terbiasa melepas penat dengan berekreasi ke toko buku

6. Ajari membaca bila anak telah meminta dengan kemauannya sendiri

Bila kita memberikan pengalaman membaca anak akan antusias dan penasaran dengan buku yang kita baca. Hal ini yang akan memicu anak untuk meminta diajari membaca. Ketika anak sudah meminta maka ajarilah anak membaca dengan metode membaca yang diketahui atau tanyakan kepada yang lebih berpengalaman.

7. Jangan paksakan anak untuk membaca

Memaksa anak untuk membaca membuat anak memiliki pengalaman buruk dengan membaca. Dan hal inilah yang menjadikan anak tidak menyukai kegiatan membaca.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment