Tuesday 1 December 2015

Hikmah dan Kebaikan Aqiqah Bagi Anak


Suatu ketika Ummu Karaz Al Kaba'in bertanya kepada Rasulullah saw tentang aqiqah. Maka Rasulullah saw menjawab bahwa aqiqah untuk anak laki-laki itu dua kambing dan untuk anak perempuan itu satu kambing, tidak masalah apakah itu kambing jantan atau betina.

Aqiqah bagi seorang anak yang baru lahir juga diperintahkan oleh Rasulullah saw, beliau bersabda,
"Setiap anak itu tergadaikan dengan aqiqah (sebagai penebusnya) yang disembelih pada hari ketujuh sekaligus dinamai dan dicukur rambutnya pada waktu itu " (HR. Tirmidzi dan Hakim)

Tentulah ada hikmah dan manfaat dari apa yang telah disunnahkan oleh Rasulullah untuk umatnya. Aqiqah tak hanya sekedar kegiatan menyembelih satu atau dua ekor kambing tetapi ada makna dan manfaat yang tersimpan yaitu:

1.  Aqiqah sebagai anjuran secara tidak langsung untuk mengumumkan kepada lingkungan sekitar tentang keturunan dan nasab seorang anak

2. Aqiqah sebagai ajakan untuk umat muslim agar bersifat pemurah dan tidak menjadi orang yang kikir

3. Aqiqah adalah tradisi yang membedakan umat muslin dengan umat lainnya. 

4. Dengan melakukan aqiqah, maka orangtua telah sejak awal bercita-cita mempersembahkan hidupnya dan anaknya untuk Allah SWT semata. Selain itu juga sebagai pendorong untuk kebaikan dan ketaatan kepada Allah SWT.

5. Aqiqah adalah pengorbanan pertama bagi seorang anak untuk mendekatkan diri kepada Allah

6. Aqiqah adalah penebus anak dari tergadaikan.

7. Menurut Imam Ahmad, aqiqah itu dapat menjadi pembuka hak pemberian syafaat anak kepada kedua orang tuanya ketika hari akhir

8. Menurut Atha' bin Abi Rabah, aqiqah dapat membebaskan seorang anak dari belenggu setan yang telah ada sejak ia lahir
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment