Monday 16 November 2015

Manfaat Berenang Untuk Bayi


Berenang adalah salah satu olahraga yang sudah bisa dilakukan untuk bayi. Kegiatan ini sangat menyenangkan karena hampir semua anak menyukai bermain dengan air. Berenang juga merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah saw untuk diajarkan kepada anak karena banyak manfaat yang bisa didapatkan. 

Saat yang tepat untuk mengajak bayi berenang adalah ketika ia sudah dapat menegakkan kepalanya dan mengontrol kepalanya saat digendong dan saat posisi duduk (biasanya bayi sudah menginjak usia 4 bulan). Perhatikan juga kondisi fisiknya apakah sedang sakit atau sehat. Bila sedang tidak enak badan (misal kembung, flu dll) jangan ajak bayi untuk berenang. Bayi yang memiliki kelainan bawaan  seperti gangguan jantung dan paru paru perlu berkonsultasi ke dokter terlebih dulu apakah aman mengajaknya berenang.

Waktu berenang yang aman untuk bayi sekitar 10-15 menit sedangkan untuk anak 20-30 menit. Frekuensi berenang juga cukup 1x seminggu. Bila jari jari anak sudah keriput atau terlihat ada tanda ia kedinginan (bibir biru dll) maka hentikan aktivitas berenang.

Manfaat apa saja yang bisa diperoleh bayi saat berenang?
1. Bayi menjadi bahagia/senang karena bisa bermain air
2. Bayi menjadi lebih sehat dan ceria
3. Membantu bayi untuk berani bermain bersama air
4. Membantu perkembangan sensorik dan motorik bayi
5. Membantu perkembangan jantung dan paru paru
6. Membantu menguatkan otot bayi 
7. Membantu membentuk postur tubuh yang baik
8. Mencegah obesitas
9. Membantu mengasah kemadirian, keberanian dan rasa percaya diri

Ibu bisa mengajak bayi berenang ke tempat babyspa ataupun juga bisa berenang sendiri di rumah dengan kolam renang bayi. Selamat menikmati tumbuh kembang si kecil :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment