Sunday 6 December 2015

Kisah Apa yang Tepat Diceritakan Pada Anak?


Siapa yang tak kenal tokoh Superman, Spiderman, Barbie, Frozen, Doraemon, Unyil dll? Di zaman yang serba modern ini anak anak kita disuguhi berbagai cerita dongeng yang sebagian besar berasal dari negara Barat. Cerita-cerita itu hadir mengisi waktu anak-anak lewat tayangan televisi ataupun game komputer. 

Sebagian besar kisah yang dihadirkan itu adalah cerita fiksi atau khayalan. Jangan sampai keberadaan cerita itu menghapus peran kita sebagai orang tua untuk membacakan cerita kepada anak. Sudahkah kita meluangkan waktu sebentar untuk sejenak menemani waktu tidur anak dengan membacakannya sebuah cerita yang penuh hikmah?

Tak perlu menjadi pendongeng profesional untuk dapat bercerita kepada anak. Setiap orang tua pasti bisa bercerita, yang dibutuhkan hanyalah kemauan dan kesediaan menyempatkan waktu. Dengan bercerita kita dapat membangun kesadaran akal dan intelektual anak dengan syarat kisah yang dibacakan mengandung hikmah. Maka dari itu peran kita sebagai orang tua amatlah penting. Kitalah yang menentukan dan memilihkan bacaan yang baik untuk anak terlebih lagi saat ia belum mampu membaca.

Dibandingkan zaman saya kecil dulu, saat ini buku-buku anak yang tersedia di toko buku semakin beragam dan menarik.  Sebenarnya kisah apakah yang tepat untuk kita ceritakan pada anak?

Rasulullah adalah pendongeng terbaik sepanjang masa. Di tengah kesibukannya memimpin umat beliau sering sekali bercerita kepada para sahabat dan anak anak. Apa yang diceritakan oleh beliau? Beliau menceritakan kisah para Nabi dan juga berbagai peristiwa yang terjadi di masa lampau agar cerita tersebut menjadi peringatan bagi yang mendengarkannya. 

Cerita yang dibacakan Rasulullah bukanlah cerita fiktif tapi kisah kisah nyata yang memang terjadi di masa lalu. Kisah nyata membuat anak percaya terhadap sejarah dan mampu memberikan semangat kepada anak untuk taat kepada Allah dan mengenal Islam. Kisah para alim ulama dan salafus shaleh juga amat baik diceritakan pada anak agar anak-anak termotivasi berbuat kebaikan seperti mereka. Banyak nilai nilai positif yang bisa ditanamkan pada jiwa anak. Mereka adalah tokoh idola yang nyata, kehebatannya bisa ditiru oleh manusia lain selama ada niat dan kesungguhan. Kehebatannya bukanlah fiktif/semu seperti kehebatan tokoh superhero buatan negeri Barat. 

Seorang ulama salaf berkata "Kisah adalah salah satu dari tentara Allah yang mampu meneguhkan hati orang-orang yang dikasihi.". Makna ini telah dinyatakan Allah dalam Alquran

"Dan semua kisah dari rasul-rasul, Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu, dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang orang yang beriman
(QS. Hud : 120 )

"Sungguh pada kisah kisah mereka itu terdapat pelajaran bagi orang orang yang mempunyai akal pikiran " (QS. Yusuf : 111) 

Ceritakanlah kisah kisah yang penuh hikmah pada anak, anak akan mendapatkan kebahagiaan karena lewat bercerita kita dapat membangun jiwa dan imajinasi anak-anak




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment