Thursday 19 November 2015

Penyebab Bayi Mogok Menyusu


Pernah mengalami kondisi dimana bayi tidak mau menyusu dan menolak saat di beri ASI? Kejadian ini mungkin terjadi selama beberapa hari? Pasti bingung karena bunda tak tahu apa penyebabnya. Bila bayi sudah menginjak usia hampir 2 tahun mungkin kita mengira itu tanda-tanda ia sudah mulai mau disapih tetapi bagaimana bila bayi masih berusia sangat muda misalnya masih di bawah 6 bulan. 

Mogok menyusu bisa terjadi pada bayi dengan usia berapapun. Sebenarnya itu adalah salah satu cara yang dilakukakan bayi untuk menyampaikan kepada ibu bahwa ada sesuatu yang membuat ia tidak nyaman menyusu.  Yang perlu dilakukan oleh ibu adalah mencari tahu apa penyebabnya sehingga ibu bisa kembali membujuk bayi agar mau menyusu.Untuk mengatasi bayi mogok menyusu bisa di baca disini

Apa saja penyebab bayi tiba tiba mogok menyusu?Yuk kita simak..

1. Bayi sedang sakit 
Bayi yang sakit sangat mungkin mengalami kesulitan mengisap ASI sehingga ia merasa lelah dan frustasi karena ASI yang didapat hanya sedikit. Bayi yang sedang pilek dan hidungnya tersumbat juga akan kesulitan bernafas saat ia sedang menyusu
Bayi yang mengalami tumbuh gigi akan mengalami rasa sakit di bagian gusinya sehingga ia menjadi tidak nyaman saat menyusui

3. Bayi sedang alami infeksi di bagian mulut dan telinga
Sariawan, infeksi jamur di mulut dan infeksi telinga membuat bayi tidak nyaman menyusu. 

4. Imunisasi
Tempat bekas suntikan imunisasi bisa tertekan saat bayi menyusu pada posisi tertentu sehingga ia merasa sakit

5. Jadwal menyusu 
Jadwal menyusui yang terlalu kaku dan tidak mengikuti keinginan bisa membuat bayi mogok menyusu

6. Kondisi fisik dan psikologis ibu
Produksi ASI yang terlalu sedikit bisa membuat bayi kesulitan mendapatkan ASI, sedangkan produksi ASI yang terlalu banyak mungkin saja membuat bayi tersedak saat menyusu..
Selain itu juga bila ibu belum menguasai teknik menyusui dengan baik bisa saja bayi merasa tidak nyaman. 
Bayi yang mengalami bingung puting juga bisa tiba-tiba mogok menyusu

7. Ibu yang berteriak
Bila ibu sering berteriak karena merasa sakit saat menyusui bisa juga menyebabkan bayi mogok menyusu. Suara keras itu bisa membuat bayi kaget dan merasa terganggu.Ibu yang sering melepaskan diri saat bayi ingin menyusu juga membuat bayi tak nyaman.

8. Perubahan rasa ASI
Makanan, minuman atau obat tertentu bisa mempengaruhi rasa ASI sehingga membuat bayi enggan menyusu. Saat ibu sedang menstruasi juga bisa terjadi sedikit perubahan pada tubuh dan air susu.

9. Perubahan situasi
Situasi baru yang berbeda bisa membuat bayi tak nyaman misalnya bayi yang terpisah dengan ibu untuk jangka waktu yang lama, pindah rumah, pergi ke tempat baru untuk waktu yang lama, pengasuh yang baru dll.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment