Monday 30 November 2015

Apa yang Harus Dilakukan Bila Bayi Menggigit Saat Menyusu?

Beberapa ibu pasti pernah mengalami masa dimana sang bayi mulai senang menggigit saat sedang disusui. Reaksi pertama ibu biasanya berteriak karena kaget dan kesakitan. Kadang teriakan ibu juga bisa membuat bayi ikut kaget dan akhirnya menjadi mogok menyusu karena trauma. Teriakan dari ibu pun tak bisa disalahkan karena itu bagian dari refleks alami saat ibu merasa sakit. 


Saat bayi mulai tumbuh gigi biasanya ia akan senang mengigit-gigit benda apapun, termasuk ketika sedang menyusu. Itu dilakukannya karena ia merasa sakit dan gatal di gusinya saat gigi tumbuh. Saat ibu merasa kesakitan ibu akan menarik bayi menjauhi dirinya agar ia melepaskan diri saat menyusu.

Bila bayi sudah pernah melakukan hal ini dan kebiasan menggigit saat menyusunya belum juga hilang maka ibu bisa melakukan teknik agar menyusu menjadi nyaman bagi keduanya. Apa yang harus dilakukan?

Saat bayi mulai mengigit maka dekap bayi ke dada ibu. Karena bagian mulut dan hidungnya tertutup ibu maka secara otomatis ia akan melepaskan mulutnya untuk mencari jalan bernafas.Bayi akan mengurangi gigitannya saat ia merasa ia tak bisa bernafas dan menggigit.

Bila cara ini kita lakukan sebagai sebuah kebiasaan saat bayi mengigit saat sedang disusui, ia akan menyadari bahwa saat ia mengigit ia akan mendapatkan posisi menyusu yang tidak nyaman.

Berkata "tidak" saat ia menggit boleh dilakukan untuk memberitahukan bayi bahwa ada beberapa hal yang tidak boleh ia lakukan saat menyusu. Ibu bisa menyampaikan kepada bayi bahwa ibu merasa sakit bila dia mengigit-gigit. Yang perlu dipastikan adalah jangan menimbulkan rasa takut/trauma pada bayi.

Ibu juga perlu mengamati sebenarnya apa saja penyebab ia sering menggigit. Gigitan juga bisa menunjukkan jika bayi sudah selesai minum, tumbuh gigi dan lain-lain. Untuk mengurangi rasa sakitnya saat tumbuh gigi ibu bisa memerikan teether dingin atau buah dingin sebelum atau saat ia mau selesai menyusu.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment