Sunday 29 November 2015

Rahasia Adzan yang Diperdengarkan Untuk Bayi Baru Lahir


Menjadi ayah adalah peristiwa yang istimewa bagi seorang laki-laki. Saat buah hati lahir tugas utama seorang ayah yaitu mengumandangkan adzan di telinga kanan dan iqomah di telinga kiri sang bayi. Hal ini telah dicontohkan oleh Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Abu Dawud dan Nasai. Ketika Husain lahir Rasulullah saw memperdengarkan adzan di telinga Husain sebagaimana adzan yang dikumandangkan ketika waktu shalat tiba.

Mengapa Rasulullah melakukan hal itu? Bukankah adzan adalah seruan dari Allah untuk memperingatkan hamba-Nya ketika watu shalat tiba?  

Ternyata ada hikmah dan manfaat yang besar dari sunnah Rasul tersebut. Menurut Ad-Dahlawi dan Ibnu Qayyim adzan bagi seorang bayi yang baru lahir memiliki manfaat sebagai berikut

1. Adzan merupakan bagian dari syiar Islam

2. Pengumandangan agama yang dibawa oleh Rasulullah saw

3. Pengumandangan adzan secara langsung di telinga anak ketika baru lahir

4. Adzan bermanfaat untuk mengusir setan. Sejak seorang manusia lahir maka setan akan langsung mengodanya.  Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa seorang bayi yang baru lahir akan langsung diganggu oleh setan hingga bayi itu menjerit kecual kelahiran Maryam dan putranya Nabi Isa. 

Abu Hurairah berkata, "Kalau mau, bacakan ayat yang tercantum dalam surat Ali Imran ayat 36" yang artinya 
" Dan sesungguhnya aku memintakan perlindungan untuknya dan keturunannya 
kepada Engkau dari setan yang terkutuk"

5. Agar ucapan yang pertama kali  didengar oleh manusia adalah tentang keagungan Allah dan kalimat syahadat sebagai kunci untuk memasuki kehidupan dunia sebagaimana kalimat itu juga sebagai kunci sesorang masuk ke dalam Islam

6. Diharapkan dapat meninggalkan kesan dan pengaruh positif dalam jiwa anak

7. Agar ajakan dan seruan ke jalan Allah dalam diri seorang anak mendahului seruan setan ke jalan kesesatan



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment