Wednesday 4 November 2015

4 Perlengkapan Pendukung Proses Nyaman Menyusui

Proses menyusui seringkali membuat ibu menjadi kelelahan akibat waktu yang lama. Kelelahan saat menyusui dapat dikurangi dengan posisi ibu yang nyaman saat menyusui. Berikut tips yang bisa digunakan untuk mendapatkan posisi yang nyaman saat menyusui :


1. Gunakan pakaian yang sesuai
Pakaian yang memudahkan ibu untuk menyusui bayi, sangat membantu proses menyusui. Biasanya baju terusan (daster) ini memiliki kancing depan di bagian dada. Bisa juga menggunakan pakaian atasan dan bawahan (celana dan baju) yang praktis. Pakaian dengan jenis baju terusan (daster) yang tidak memiliki kancing di bagian depan akan sangat tidak nyaman digunakan saat menyusui bayi.

2. Gunakan alat menggendong
Kadangkala saat bepergian kita tetap harus menyusui bayi. Alat menggendong yang diselempangkan seperti jarik atau lainnya akan sangat membantu bayi agar melekat lebih dekat dengan ibu. Jangan gunakan alat gendong dengan tipe gendongan depan atau belakang.

3. Gunakan bantal menyusui
Apabila kita menyusui di rumah maka bantal menyusui akan sangat membantu. Bantal ini didesain khusus untuk memberikan sokongan yang kuat bagi bayi berada di pangkuan ibu dan meninggikan posisi bayi hingga sebatas payudara. Kelebihan bantal ini yaitu bisa pas di sekeliling pinggang ibu sehingga mampu menyangga punggung. Penggunaan bantal menyusui akan sangat membantu terutama untuk bayi yang prematur dan otot-ototnya lemah. Apabila kita tidak mempunyai bantal khusus menyusui bisa juga menggunakan bantal biasa.

4. Gunakan penyangga kaki
Penyangga kaki seperti dingklik.kursi kecil/pendek dapat membantu mengangkat pengkuan ibu ke ketinggian yang tepat dan nyaman untuk menyusi. Penyangga kaki ini bermanfaat untuk mengurangi pegal pegal di bagian punggung, kaki bahu dan lengan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment