Monday 2 November 2015

Hindari Makanan Ini Saat Memberi ASI


Makanan yang dikonsumsi ibu akan diminum oleh bayi melalui ASI. Apabila bayi itu sensitif terhadap makanan yang dimakan ibu, biasanya akan timbul efek dari makanan. Efek itu akan muncul setelah 2 jam ibu mengkonsumsinya. Makanan yang memberikan efek ini biasa disebut dengan makanan pengganggu ASI. Bayi yang sangat peka biasanya akan menunjukkan perubahan walaupun ibu hanya makan sedikit dari makanan pengganggu ASI. Gejalanya bayi bisa menjadi rewel, alergi, gatal-gatal, ruam, sakit perut atau gelisah. 

Bagaimana kita tahu bahwa penyebab perubahan pada bayi itu karena makanan pengganggu ASI yang dikonsumsi ibu?

Berikut tips untuk menyadari bayi terkena efek makanan pengganggu ASI
  • Bila bayi mengalami perubahan fisik/tingkah laku misal alergi dll, setelah 24 jam dari waktu ibu mengkonsumsi makanan pengganggu ASI. 
  • Bila bayi pulih dari perubahan fisik/tingkah laku misal alergi dll, setelah 2 x 24 jam dari waktu ibu mengkonsumsi makanan penganggu ASI. 

Apa saja makanan pengganggu ASI yang sebaiknya dihindari saat kita memberi ASI pada bayi?

1. Makanan yang mengandung kafein
Konsumsi makanan dengan kadar kafein tinggi dan terus menerus bisa membuat bayi terganggu, misalnya menjadi terjaga terus menerus. Makanan yang tinggi kafein misalnya kopi, teh, cokelat, minuman ringan.

2. Biji-bijian dan kacang-kacangan
Jenis makanan ini bisa menyebabkan alei misalnya kacang tanah, gandum, jagung

3. Makanan yang mengandung gas
Biasanya bayi menjadi lebih sering mengeluarkan gas. Jenis makanan yang mengandung banyak gas misalnya brokoli, kembang kol, kubis, bawan putih

4. Produk olahan berbahan susu
Produk olahan susu mengandung protein yang bisa menyebabkan alergi terutama pada bayi yang sensitif. Gejalanya bayi bisa mengalami saki perut.

5. Makanan pedas
Ternyata rasa ASI akan berbeda setelah ibu mengkonsumsi makanan pedas. Kadang kadang bayi menjadi menolak minum ASI atau menjadi sakit perut.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment