Sunday 8 November 2015

Tips Memotong Kuku Bayi

Kuku adalah bagian dari jari yang harus sering dirawat/dipotong, terlebih lagi kuku di bagian tangan. Selain  lebih cepat panjang dibanding kuku pada bagian kaki, kuku pada bagian tangan bayi yang panjang dapat menyebabkan luka di wajah akibat bayi yang belum mampu mengontrol gerakan tangannya sendiri. Memotong kuku bayi memang tidak semudah yang kita bayangkan beberapa penyebabnya antara lain rasa khawatir ibu melukai bayi ketika memotong kukunya atau bayi yang terlalu banyak bergerak.

Berikut ini adalah tips-tips yang bisa dilakukan agar menggunting kuku bayi menjadi lebih mudah :)

1. Gunting kuku saat bayi tertidur lelap
Bayi yang tidur lelap memudahkan tugas ibu karena badan bayi akan lemas dan tangannya terbuka

2. Gunakan gunting kuku yang sesuai
Biasanya gunting kuku bayi ujungnya tumpul dan berbentuk seperti gambar diatas. Karena dengan desain seperti itu ujung kuku bayi lebih mudah terlihat sehingga dapat mengurangi resiko terluka.

3. Tekan bagian kulit jari/bantalan jari
Saat menggunting kuku bayi, tekan bagian bantalan jari sehingga ujung kuku terlihat dan mudah dipotong. Bila ibu masih kesulitan melakukannya sendiri bisa meminta bantuan suami untuk membantu menekan bantalan jari itu

Bila saat mengunting ada sedikit darah yang keluar maka tekan lalu lap dengan tisue atau kain pada bagian yang berdarah.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment