Friday 6 November 2015

Tips Bahagia Menyusui

Bayi sangat bergantung pada kondisi ibu. Kondisi ibu yang sedang stres atau tegang bisa membuat Bayi tak mau menyusui atau mendekati. Hal ini disebabkan oleh produksi hormon prolaktin yang menurun. Hormon prolaktin adalah hormon yang menghasilkan ASI dan dapat memberikan efek tenang pada ibu dan bayi. Sehingga dengan jumlah hormon prolaktin yang cukup dapat membuat ibu dan buah hati nyaman dan tercukupinya asupan ASI sang buah hati.


Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hormon prolaktin pada ibu :

1. Berfikir tentang bayi
Ibu perlu menyiapkan diri sebelum proses menyusui berlangsung. Fokuskan pikiran tentang bayi yang amat anda sayangi. Saat menyusui kita bisa mengusap dan memijat dengan lembut sang bayi. Usahakan agar terjadi kontak fisik sebanyak dan sesering mungkin antara ibu dan bayi.

2. Meminimalisir gangguan
Berbagai gangguan yang mungkin muncul misalnya ibu yang belum sempat makan, ke kamar kecil, pekerjaan rumah yang menumpuk. Pada saat menyusui singkirkan dulu gangguan-gangguan tersebut. Lakukan juga relaksasi dengan cara menarik nafas panjang dan menghembuskannya perlahan seperti belajar pernafasan saat senam hamil.

3. Siapkan tempat khusus untuk menyusui bayi
Gunakan area tertentu di rumah untuk ibu menyusui bayi. Siapkan tempat itu dengan segala keperluannya misalnya, kursi yang bisa menyangga lengan saat kita menggendong bayi, perlengkapan bayi (popok, pakaian, saputangan untuk gumoh), makanan seperti buah-buahan, buku bacaan atau apapun yang membuat ibu nyaman. Tempat ini perlu diatur sedemikian rupa sehingga ibu betah. Hal ini karena ibu menyusui bayi bisa menghabiskan waktu yang lama misalnya selama 1 jam/lebih. 

4.  Siapkan peralatan pendukung saat menyusui
Peralatan pendukung akan membuat ibu menyusui dengan nyaman misalnya pakaian, bantal menyusui, alat menggendong dan kursi penyangga (lebih lengkap klik disini)


Pada dasarnya proses menyusui adalah sebuah siklus relaksasi diri. Semakin ibu sering menyusi bayinya maka akan semakin banyak pula hormon relaksasi yang dihasilkan sehingga ibu bisa menyusui bayi dengan lebih baik.
Tetap semangat memberikan ASI untuk buah hati :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment