Thursday 15 October 2015

Dari Manakah Asal Nama Bulan dalam Kalender Hijriah?

Selamat tahun baru Hijriah bagi seluruh umat muslim :)

Allah swt sang pencipta alam semesta ini menetapkan bahwa jumlah bulan dalam satu tahun ada 12 sesuai firman Allah yaitu

" Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram.
 Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu dan perangilah kaum musyrikin semuanya. 
Dan ketahuilah bahwa Allah bersama orang orang yang bertakwa"
 (QS. At Taubah :36)

Nama nama bulan di dalam kalender Islam mungkin masih asing bagi kita karena selama ini kita lebih sering menggunakan kalender Masehi. Yuk kita mengenal nama nama bulan sesuai kalender Hijriah

Bulan 1 - Muharam

Bulan Muharam adalah bulan pertama di dalam kalender Hijriah. Allah telah menetapkan bahwa salah satu bulan yang haram untuk berperang adalah bulan Muharam. Di dalam bulan ini juga terdapat keutamaan ibadah puasa setelah puasa Ramadhan seperti yang dikisahkan dalam riwayat berikut

Rasulullah saw sedang duduk berbincang dengan para sahabatnya. Salah seorang sahabatnya mengacungkan tangan dan bertanya, Ya Rasulullulah shalat manakah yang lebih utama setelah shalat lima waktu?Rasulullah SAW menjawab singkat namun jelas. "Shalat yang lebih utama setelah shalat lima waktu adalah shalat malam" " Lalu puasa apakah yang lebih utama setelah puasa Ramadhan?" tanya para sahabat lagi "Puasa di bulan Allah yang aku namakan Muharam" jawab Rasulullah manatap (HR. Ahmad, Muslim dan Abu Daud dari Abu Hurairah"


Bulan 2 - Safar

Sebagian orang menganggap bulan ini sebagai bulan yang tidak membawa keberuntungan. Asal muasalnya dari keyakinan orang Arab di zaman Jahiliah karena pada bulan tersebut biasanya masyarakat terjangkit penyakit menular yang menyerang perut dan ada angin panas yang membawa penyakit. Anggapan tersebut tidaklah benar karena sesungguhnya semua bulan yang ditetapkan Allah adalah baik. Rasulullah saw bersabda "Tidak ada penularan penyakit (dengan sendirinya), tidak ada thiyarah, tidak ada kesialan karena burung hantu, tidak ada kesialan di bulan Safar (HR. ukhari Muslim dan Abu Daud).

Apabila ada orang yang menganggap ada amalan khusus di bulan ini maka anggapan itu keliru karena Rasulullah tidak mencontohkannya. 


Bulan 3 - Rabiul Awal

Rabiul awal memiliki arti musim bunga pertama. Di tanah Arab pada bulan inilah bunga mulai bermekaran/ Rabiul awal berasal dari kata rabi' yang artinya menetap.Dahulu para pedagang Arab pergi berdagang ke negeri negeri lain hingga berbulan bulan lamanya biasanya pada bulan Rabiul awal mereka pulang dan menetap selama bebarapa waktu baru kemudian berdagang kembali. Rasulullah saw lahir pada tanggal 12 Rabiul awal dan wafat pada bulan ini juga. 



Bulan 4 - Rabiul Akhir

Berpasangan dengan bulan rabiul awal maka di bulan rabiul akhir inilah musim bunga berakhir. Penamaan bulan ini telah ada sejak zaman sebelum Rasulullah lahir.


Bulan 5 - Jumadil Awal

Jumadil berasal dari kata jamad (bahasa Arab) yang artinya beku. Dulu pada bulan ini di jazirah Arab mulai memasuki musim dingin dimana air membeku. Saat ini karena perubahan iklim pada saat Jumadil awal yang terjadi adalah musim kemarau/kering. Pada bulan ini terjadi peristiwa besar di zaman kepemimpinan Rasulullah saw yaitu Perang Mu'tah.


Bulan 6 - Jumadil Akhir

Sesuai dengan penamaan bulan sebelumnya. Bulan Jumadil akhir ditetapkan karena dahulu pada saat bulan ini datang musim dingin akan berakhir.



Bulan 7 - Rajab

Pada bulan ini terjadi peristiwa besar yaitu Isra Miraj/ Bulan Rajab juga termasuk salah satu bulan yang diharamka untuk berperang. Tidak ada perintah untuk mengkhususkan ibadah tertentu di bulan Rajab. Secara umum Rasulullah menyatakan sunah berpuasa di bulan bulan haram yaitu (Muharam, Rajab, Zulkaidah, dan Zulhijah). Sesuai dengan hadisnya " Puasalah pada bulan bulan hara (mulia)" (HR. Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad dari Mujibah Al Bahiliyah)


Bulan 8 - Syakban

Syakban berasal dari kata sya'bun yang memiliki arti berkelompok atau golongan. Dulu pada bulan ini penduduk Arab pergi berkelompok untuk mencari air atau untuk berperang. Dari Aisyah ra dikisahkan bahwa terkadang Rasulullah saw puasa beberapa hari sampai kami katakan, "Beliau tidak pernah tidak puasa:"/ Saya tidak pernah melihat Nabi saw berpuasa sebulan penuh kecuali di bulan Ramadahan saya juga tidak melihat beliau berpuasa yang lebih sering daripada ketika bulan Syakban" (HR. Bukhari dan Muslim)


Bulan 9 - Ramadahan

Ramadahan berasal dari kata ramdaha yang artinya panas.Dulu orang Arab menggunakan peredaran matahari sebagai dasar untuk penanggalan sehingga di bulan ini biasanya bertepatan dengan musim panas. Dimana saat musim panas lama waktu siang lebih lama dibanding malam. Saat ini bulan Ramadhan tidak lagi selalu bertepatan dengan musim panas tetapi nama bulan ini tetap digunakan. Pada bulan inilah ada perintah berpuasa wajib selama sebulan penuh.



Bulan 10 - Syawal

Syawal berarti naik, ringan atau membawa (mengandung). Dulu bulan ini dkenal sebagai musim kawin bagi unta. Unta akan menaikkan ekornya sehingga muncullah nama Syawal. 1 syawal sebagai hari yang disunahkan untuk shalat idul fitri setelah  1 bulan penuh berpuasa.


Bulan 11 - Zulkaidah

Bulan Zulkaidah termasuk salah satu bulan yang dilarang untuk berperang. Makna dari kata Zulkaidah yaitu penguasa gencatan senjata.


Bulan 12 - Zulhijah 

Dalam bulan Zulhijah umat Islam melakukan ibadah haji. Tanggal 9 Zulhijah adalah hari wukuf di Arafah, tanggal 10 Zulhijah dirayakan sebagai hari Idul Adha. Dan tanggal 11-13 Zulhijah adalah hari tasyrik dimana pada hari ini kita dilarang berpuasa. Pada hari ini pula diadakan pemotongan hewan kurban.
Pada hari ke 1-9 Rasulullah biasanya memperbanyak ibadah.




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment