Tuesday 20 October 2015

Bijak Menentukan MP-ASI Pertama Bagi Bayi

Banyak ibu yang bingung ketika akan mulai memberikan MP ASI pada buah hati. Jenis makanan apa yang cocok untuk memulai pengalaman pertamanya? Jenis makanan yang paling populer biasanya adalah pisang dan bubur beras. 

Bayi yang baru menginjak usia 6 bulan belum memiliki sistem cerna yang sempurna. Ia baru dapat mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna seperti ASI. Ternyata dari sekian banyak jenis makanan, BUAH adalah menu MP ASI awal yang paling tepat karena buah mengandung karbohidrat sederhana yaitu gula buah yang bisa langsung diserap oleh bayi. Selain itu buah juga dilengkapi dengan enzim pencerna alami seperti yang dimilki ASI. 

Bagaimana dengan bubur beras? Ternyata bubur beras mengandung karbohidrat yang lebih kompleks sehingga akan membebani sistem pencernaan bayi. Karbohidrat kompleks itu harus diubah dulu menjadi karbohidrat sederhana agar bisa dicerna. Bayi usia 6 bulan belum punya refleks mengulum yang bisa menghasilkan enzim amilase. Ketiadaan enzim amilase akan menyulitkan proses pencernaan kabohidrat kompleks. Nah karena tidak bisa tercerna dengan baik akhirnya pankreas bayi yang akan bekerja keras untuk membantu pencernaan. Bayi yang pankreasnya bekerja keras secara terus menerus akan memiliki resiko besar terkena diabetes saat dewasa kelak. Pemberian karbohidrat kompleks dapat dilakukan secara bertahap setelah ia terbiasa mencerna karohidrat sederhana seperti buah.

Berikut ini panduan sederhana untuk menentukan MP-ASI bagi bayi :

Minggu ke 1
Berikan buah-buah tunggal (tidak dicampur)

Minggu ke 2
Berikan buah tunggal atau 2 jenis campuran buah

Minggu ke 3
Tetap berikan buah dan dapat mulai dikenalkan karbohidrat kompleks yang tidak sulit cerna, sayuran umbi  dan sayuran buah


Daftar jenis buah, sayur dan umbi yang bisa diberikan pada bayi

Buah
Jeruk manis - semangka - melon - blewah - belimbing - pisang ambon - pisang raja - alpukat - apel - mangga - pir - pepaya

Sayuran buah
Jagung manis - labu kuning- ketimun - tomat (buang biji) - labu siam

Sayuran umbi
Wortel

Umbi dan padi-padian
Kentang - ubi jalar - singkong - beras putih/merah/cokelat/hitam - sukun

Gambar (fresh-fruit-recipe-alfreda.blogspot.com)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment