Tuesday 13 October 2015

Resensi Buku dari Puncak Andalusia




       Buku ini berawal dari keinginan Musa bin Nushair untuk menghilangkan perbudakan kepada sesama manusia dan menggantikannya menjadi penghambaan hanya kepada Allah semata di seluruh dunia ini. Beliau menyuruh Thariq bin Ziyad sebagai panglima suku barbar untuk membuka kekuasaan Islam di Andalusia. Berbekal hanya 12.000 prajurit dan hanya sedikit pasukan berkuda, pasukan muslimin ini mampu mengalahkan 100.000 prajurit musuh yang sebagian besar adalah pasukan berkuda hingga akhirnya pasukan musliminpun mampu menguasai seluruh Andalusia.

       Kehidupan damai pun tercipta di bumi Andausia, kehidupan yang toleran adil dan makmur. Rakyat tidak lagi dibebani pajak, masyarakat tidak dipaksa untuk berpindah keyakinan, tempat ibadah tidak ada yang dihancurkan, tidak ada perbedaan hukum bagi umat muslim dan non muslim disana, ilmu pengetahuan maju dengan pesat, banyak dibangun bangunan yang indah, dibangun pula infrastruktur seperti jembatan,irigasi, jalan dan masih banyak lagi. Islam bagaikan mentari yang terbit di bumi Andalusia saat itu. 

       Beberapa kali tercatat Pemimpin yang bersinar seperti Abdurahman Al-Dakhil, abdurahaman An-nashir, Alhajib al-Manshur, Yusuf bin Tasyfin mampu membuat Islam menoreh sejarah di Andalusia dengan gemilang. Berapa ilmu pengetahuan yang tercetak di bawah kepemimpinan mereka? Berapa jumlah ilmuwan yang tercetak dibawah kepemimpinan mereka? sehingga kita bisa lihat Eropa maju seperti saat ini. 

     Ini adalah buku yang wajib untuk dibaca. Kita akan disuguhkan bagaimana bekal takwa mampu mengalahkan pertempuran dan bagaimana cinta dunia itulah yang menghancurkan segala yang sudah diraih dengan takwa. Sedikit dari pendapat saya tentang buku ini " Dunia itu tak akan pernah engkau dapat jika engkau mengejarnya, Dunia akan mengejarmu bila akhiratlah yang ingin engkau tuju".
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment