Tuesday 27 October 2015

Cara Atasi Luka Pada Gigi Bayi

Punya balita yang sedang belajar berjalan biasanya akan menguras cukup banyak waktu orang tua untuk mengawasi. Kadang saat kita lengah ia bisa saja menabrak sudut meja atau kursi yang tajam dan akhirnya mengenai gigi/gusinya. 

Saya pernah mengalaminya ketika anak saya sedang berada di fase "rambatan" ia senang sekali belajar berdiri dengan berpegangan pada benda-benda yang setinggi dirinya. Waktu itu karena terlalu bersemangat ingin berdiri dia menabrak sudut kursi dan kebetulan saat itu juga saya sedang lengah. Ekspresi pertamanya tentu menangis kencang tapi yang buat saya panik waktu tahu ada darah yang keluar dari mulutnya. Reaksi pertama saya panik dan langsung berpikir cepat pergi ke dokter. 

Tapi tiba-tiba ingat kalau saya pernah baca judul tentang penanganan luka pada gigi/gusi anak yang belum sempat dibaca (karena saya belum mengalami maka bab itu terlewatkan). Baca sekilas dan praktekkan saran yang diberikan ternyata ampuh, darah yang keluar dari mulutnya tidak lama kemudian berhenti dan anak ceria lagi. Setelah saya cek untungnya giginya tidak sampai patah, alhamdulillah. 

Saran yang saya baca ini ditulis oleh seorang dokter anak dan perawat yang sudah sangat berpengalaman menangani 7 anaknya sendiri. Berikut cara atasi luka pada gigi dan gusi anak :

1. Kompres dengan kantong es/tawarkan es loli (es buah) untuk dihisap
Tujuannya agar bengkak pada gusinya berkurang.

2. Tuang air dingin di atas potongan kasa/kain lembut dan pasangkan di antara bibir dan gusinya-tekan pelan-pelan pada lokasi yang berdarah

3. Apabila giginya patah/berubah posisi setelah jatuh (misalnya terdorong ke atas hingga masuk ke gusi) segera konsultasikan ke dokter gigi




 Gambar (babble.com)

Perlu di waspadai juga bila terjadi abses kondisi dimana anak demam dan gusi di atas bagian gigi yang luka bengkak dan menjadi lunak saat diraba. Hal itu bisa terjadi atau muncul 3-7 hari kemudian setelah gigi/gusi terluka. Kondisi itu mungkin bisa menyebabkan gigi menjadi lepas dan akan berbahaya bila tertelan saat anak tidur.  Bila kondisi itu terjadi segera konsulatikan ke dokter gigi anda.







Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment