Thursday 8 October 2015

Memilih Mainan yang Tepat


Banyak sekali jenis mainan yang ada di pasaran mulai dari mainan lokal hingga impor, harga murah hingga mahal, tentu membuat sebagian orang tua bingung harus memilih mana mainan yang tepat bagi tumbuh kembang anak. Seringkali mainan yang dibeli ternyata tidak sesuai dengan usianya atau tidak awet hingga akhirnya menumpuk menjadi "sampah" di rumah.

Memilih mainan yang tepat untuk anak sangatlah penting dan itu adalah tugas kita orang tua. Mainan yang tepat adalah mainan yang efektif dan edukatif sehingga bisa berfungsi sebagai alat belajar anak-anak. Mainan yang efektif dan edukatif itu sebaiknya memenuhi kriteria seperti berikut :

1. Mampu menstimulasi aktivitas fisik yang baik dan bermanfaat
Aktivitas fisik seperti latihan keterampilan motorik kasar dan halus membantu anak untuk beraktivitas dengan baik di kemudian hari. Misalnya permainan memasukkan dan mengambil benda benda kecil, corat coret, memanjat, lompat lompat dll.

2. Merangsang anak untuk berfikir
Mulailah dengan mainan sederhana yang sesuai dengan usia dan kemampuan berfikirnya misal permainan bongkar pasang, menyusun balok, dan puzzle.

3. Memotivasi anak untuk meniru kebaikan dan pola pikir orang tua
Seorang anak akan lebih mudah meniru orang tuanya. Permainan yang bisa mengajarkan kebaikan misalnya memelihara hewan bisa mengajarkan anak untuk memiliki sifat kasih sayang terhadap ciptaan Allah SWT

4. Meningkatkan daya kreativitas anak anak
Tak selamanya kita harus membeli mainan yang sudah jadi. Merangsang kreativitas anak bisa dilakukan dengan membuat mainan bersama dari benda-benda bekas yang tidak terpakai atau dari benda yang ada di sekitar rumah kita seperti botol plastik,kardus, tutup botol, daun kelapa, kulit jeruk, batu, pasir, tanah dll

5. Sesuai usia
Usia seorang anak akan mempengaruhi kemampuan berfikirnya. Mainan yang terlalu sulit akan membuat anak frustasi, sedangkan mainan yang terlalu mudah akan membuat ia cepat bosan.

6. Keamanan Mainan
Perhatikan juga keamanan mainan, karena banyak mainan yang ukurannya kecil sehingga tidak aman untuk anak anak < 2 tahun

Jadikan alat bermain sebagai media yang menyenangkan untuk anak belajar dan mengenal lingkungan sekitarnya.
Selamat bermain bersama  :)

 Gambar (www.Landofnod.com)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment