Saturday 24 October 2015

Saat Anak Terlambat Berjalan

Pada umumnya usia anak berjalan adalah 1 tahun. Kemampuan ini sesuai dengan waktu anak dalam melalui fase sebelumnya seperti tengkurap-duduk-merangkak. Anak yang terlambat mengalami fase sebelum berjalan juga akan mengalami terlambat berjalan juga. Dan hal ini yang biasa membuat ibu cemas, ditambah lagi ketika melihat teman sebaya anak ibu sudah mampu berjalan.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi anak mampu berjalan :

1. Kematangan fisik
Hal ini terkait dengan kesiapan dan kekuatan otot kakinya.

2. Kesiapan psikologis
Anak yang memiliki rasa percaya diri dan keinginan kuat mampu merangsang dirinya untuk belajar sesuatu yang baru secara cepat seperti berjalan.

3. Pola asuh orang tua
Anak yang terlalu dibatasi untuk melatih kemampuan fisiknya dapat mengurangi rangsangan perkembangan otot pada kakinya, hal ini dapat mempengaruhi anak terlambat berjalan.

4. Penggunaan baby walker
Penggunaan baby walker membuat anak malas melatih kakinya untuk berjalan karena ia hanya belajar menggeser dan berpindah tempat bukannya mengangkat kakinya-melangkah kanan dan kiri.

5. Gangguan otot
Gangguan otot yang serius misalnya (otot lemah atau cacat) mungkin bisa jadi penyebab anak terlambat berjalan

6. Kerusakan otak
Sumsum tulang belakang yang memiliki hubungan erat dengan bagian otak punya peranan penting. Apabila terjadi kerusakan pada sumsum tulang belakang misalnya patah akibat jatuh bisa juga membuat anak tidak bisa berjalan

Ibu tidak perlu terlalu khawatir ketika anak ibu terlambat berjalan. Anak masih dianggap normal ketika mampu berjalan di usianya 17 bulan. Apabila di usia 18 bulan anak belum juga mampu berjalan, kita bisa membawa anak kita ke dokter untuk konsultasi.

Selamat menemani tumbuh kembang si kecil :)

Gambar (daisypinkcupcake.blogspot.com)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment