Monday 19 October 2015

Hati-Hati dengan "Tanda Kesiapan Palsu" Bayi Siap Diberi MP ASI

Seringkali kita sebagai orang tua merasa bahwa bayi butuh segera diberikan MP ASI karena kita melihat ada beberapa tanda-tanda bahwa ia butuh makanan lain selain ASI. Tanpa kita sadari ada beberapa tanda tanda yang ditunjukkan bayi sebenarnya hanyalah sebuah "tanda kesiapan palsu" artinya ia sebanarnya belum membutuhkan MP ASI, apa saja tandanya? Berikut ini tanda tanda kesiapan palsu yang patut kita amati :

1. Sering terbangun di malam hari
Banyak alasan yang membuat bayi terbangun di malam hari. Sering terbangun belum tentu menandakan ia lapar dan butuh makanan. Jika memang lapar ASI lah makanan yang paling tepat untuk bayi  < 6 bulan, tetap berikan ASI selama ia membutuhkannya.

2. Berat badan tidak naik/naik hanya sedikit
Kadang kita menjadi cemas bila berat badan bayi tidak naik dan mengira ia kurang mendapatkan asupan makanan. Ternyata penurunan berat badan di usia bayi > 4 bulan adalah sesuatu yang normal jika ia hanya mengkonsumsi ASI

3. Sering mengamati orang tua saat makan
Bayi yang dipenuhi rasa ingin tahu memang sedang senang mengamati aktivitas yang dilakukan orang tuanya seperti makan, minum, menyisir rambut, dll. Itu adalah bagian dari perkembangan usianya bukan menunjukkan bahwa ia lapar dan ingin makan.

4. Membuat suara mengecap-ngecapkan bibir
Ia baru belajar menggunakan mulut untuk berbicara dan persiapan untuk mengunyah nanti sehingga ia senang membuat suara seperti itu.

5. Tidak langsung tidur setelah minum susu
Jam tidur bayi yang berusia > 4 bulan memang akan berkurang, ia jadi lebih sering terjaga dan bermain.

6. Bayi berukuran kecil/besar
Bentuk fisik bayi yang kecil/besar salah satunya dipengaruhi oleh faktor genetik (keturunan). Ukuran bayi tidak menjadi tolak ukur kita harus mempercepat pemberian MP ASI.

Gambar (Pinterest.com)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment