Wednesday 28 October 2015

Berbahayakah Saat Anak Jatuh dan Kepalanya Terbentur?

Saat anak jatuh dan kepalanya terbentur tentu akan membuat orang tua panik. Terlebih lagi bila usia bayi masih sangat kecil. Kejadian jatuh pada anak memang paling sering terjadi. Tentunya sebagai orang tua kita tak ingin hal itu terjadi walaupun kita sudah berusaha untuk terus mendampingi dan mengawasi tetapi adakalanya kita lengah.

Gambar (secretsofbabybehavior.com)

Kejadian yang paling sering dikonsultasikan ke dokter yaitu keadaan dimana saat anak terjatuh muncul benjolan besar dan terjadi pendarahan di bagian kulit kepalanya. Seorang dokter akan mengerti perbedaan antara luka yang terjadi di tengkorak atau luka yang terjadi di otak. 

Tengkorak manusia itu seperti helm yang fungsinya melindungi bagian otak yang lunak. Tengkorak sendiri dilindungi oleh kulit kepala yang kaya pembuluh darah.

Biasanya yang terjadi saat anak jatuh adalah luka di bagian kulit kepalanya saja hingga mengakibatkan pendarahan dan benjolan. Benjolan/pembengkakan terjadi karena ada pembuluh darah yang pecah di bawah kulit kepala. Pendarahan dan benjolan jarang mengindikasikan bahwa bagian utama otak ikut terluka. 

Nah yang harus diwaspadai adalah ketika terjadi luka pada bagian utama otak. Bentuknya bisa berupa pendarahan dan gegar otak. Pendarahan dan gegar otak terjadi saat pembuluh darah kecil yang ada di antara tengkorak dan otak rusak. Kerusakan itu bisa mengakibatkan aliran darah di otak terhambat. Tanda-tanda luka pada otak biasanya bisa diamati dengan jelas. Dan saat hal itu terjadi segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Tanda-tanda luka pada otak

  • Anak jadi kehilangan arah ketika bergerak, susah bangkit
  • Saat anak tidur ia tidak bernafas seperti biasanya
  • Mata menjadi juling-bola mata tidak sama
  • Muntah terus menerus
  • Wajah semakin pucat
  • Keluar darah atau cairan encer dari saluran telinga
  • Mengalami kejang tiba-tiba (sawan)
  • Kehilangan keseimbangan saat sedang duduk, merayap atau berjalan


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment