Saturday 10 October 2015

Waktu Terlarang untuk Anak Bermain!

Masih ingatkah pesan orang tua saat kita kecil dulu sedang asyik bermain? " Ayo sudah maghrib, pulang ke rumah". Dulu mungkin kita tidak tahu kenapa orang tua melarang bermain saat senja tiba padahal kita sedang asyik berlarian kesana kemari hingga lupa waktu. Ada yang bilang kalau bermain saat maghrib nanti diculik genderuwo, kuntilanak, dan kawan-kawannya. 

Rasulullah SAW sang pendidik umat ternyata memang telah memperingatkan para orang tua untuk melarang anak-anak bermain saat waktu maghrib tiba. Begitu perhatiannya Rasulullah SAW hingga nasehat untuk melindungi anak anak kita dari keburukan pun ia sampaikan seperti sabda Rasulullah ini :

" Apabila malam mulai gelap - atau beliau bersabda - apabila malam telah tiba, tahanlah anak anak kalian, karena setan saat itu sedang bertebaran. Apabila telah berlalu sesaat dari Magrib lepaskanlah mereka. Tutuplah pintu rumah kalian dan sebutlah nama Allah, karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup. Padamkanlah lampu kalian dan sebutlah nama Allah, ikatlah wadah minuman kalian dan sebutlah nama Allah, dan tutupilah bejana kalian meskipun hanya melintangkan sesuatu di atasnya dan sebutlah nama Allah"
(HR. Bukhari)
Gambar (weknowyourdreams.com)

Menurut Ibnul Jauzi waktu magrib adalah waktu yang berbahaya untuk anak karena setan menyebarkan hampir sebagian besar najisnya di waktu itu. Dan zikir yang mampu melindungi anak-anak umumnya tidak ada. Selain itu pada waktu magrib terjadi pergantian cahaya yang tadinya terang menjadi gelap. Kegelapan akan mendukung setan untuk melakukan kekerasan. Karena setan yang merupakan bagian dari bangsa jin membenci cahaya dan bosan dengannya. Walaupun ia diciptakan dari sinar tetapi Allah telah mengggelapkan hatinya. Di lain sisi manusia diciptakan dari tanah dan hatinya dikarunia cahaya oleh Allah swt.

Wallahu a'lam bish-shawab
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment